Juara OSN, SIT SIT sudah mulai muncul, tapi secara umum masih didominasi sekolah lain. Ranking USBN, belum satupun SIT muncul di Sepuluh besar. Kembali Sekolah Swasta lain mendominasi.

Realitas ini menarik untuk kita cermati. Tapi lebih menarik lagi mencermati perasaan kita. Perasaan kita? Perasaan sebagai aktifis da’wah berbasis pendidikan, Sekolah Islam Terpadu.

Karena perasaan akan menggambarkan bagaiman ‘paradigma’ SIT yang ada di otak kita. Masih atau sudah sesuai dengan konsep dasar SIT ataukah masih atau sudah terjebak pada perangkap sistem pendidikan sekulairistik yang selalu kita kritik?

Ingat: kekuatan pendidikan bukan pada konsep, tapi pada praktek. Dam praktek sangat dipengaruhi oleh ’paradigma’ yang ada di kepala pelakunya.

Jadi, bagaimana perasaan anda ? Sedih,menyesal,biasa- biasa saja atau tidak ada perasaan ? Saya yakin anda sudah punya jawaban, tapi tidak harus menjawab sekarang. Karena ini memang bukan ujian.

Anda hanya perlu merenungkan kumudian mencocokkan dengan jawaban atas judul tulisan ini: ‘JUARA OSN dan USBN, Niscaya atau Target?” Agar tau posisi pikiran anda: masih/sudah sesuai dengan Paradigma Pendidikan Islam Terpadu ataukah masih/ terperangkap dalam ‘Paradigma Sekulairistik’.

Selamat merenungkan! Kesimpulan anda akan menjadi ‘warna’ SIT kita.

Bandung,6 Juli 2019.
Ery Masruri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *